Monday, June 8, 2009

Dialog Ke-TUHAN-an : 7

DimasRangga said...

Bapak mengatakan “Anda yg memulai kok. Anda menghitung Tuhan dgn matematika. Tuhan kok dihitung ??? Tuhan itu utk disembah mas, bukan utk dihitung. Anda menghitung Tuhan dgn matematika ? saya jg menghitung muzizat Tuhan jg dgn matematika kok.. adil kan ??”

Lalu apa gunanya Tuhan suka menyifati dirinya yang ahad atau satu atau Esa dibanyak surat AlQuran dan Injil? Tuhan memberikan pengertian itu agar bisa diterima oleh akal manusia bahwa Tuhan itu satu saja. Satu itu satu dan kita bisa menghitungnya dengan mudah dg jari (Ilmu manusia menyebutnya matematika)

February 6, 2009 2:55 AM

Someone said...

Pak Steve, sebenarnya Roh Kudus itu apa atau siapa sih?
Dan, mengapa Allah disebut sebagai Bapa, dan Nabi Isa disebut sebagai Putera?
Apakah Bapa sama artinya dengan Allah yg bersifat sbg Allah, dan Putera sama artinya dengan Allah yg bersifat manusia?
Kalau Allah masih punya sifat manusia, lalu apa bedanya dengan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah???

Mengapa Yesus disebut juga dengan "Tuhan Yesus Kristus", apa beda Tuhan Yesus Kristus dengan Allah itu sendiri???

Menurut pengertian saya, sebutan Bapa dan Putera itu merujuk pada seorang ayah dan anaknya.
Nabi Isa dikatakan sebagai Putera Allah karena Nabi Isa tidak memiliki ayah, begitu???
Lalu apa sebutan bagi Nabi Adam yg tidak memiliki Ayah dan Ibu??? Jadi, Allah itu adalah Ayah sekaligus ibunya Nabi Adam???

February 6, 2009 3:34 AM

Steve said...

Dimas Rangga said :
Lalu apa gunanya Tuhan suka menyifati dirinya yang ahad atau satu atau Esa dibanyak surat AlQuran dan Injil? Tuhan memberikan pengertian itu agar bisa diterima oleh akal manusia bahwa Tuhan itu satu saja. Satu itu satu dan kita bisa menghitungnya dengan mudah dg jari (Ilmu manusia menyebutnya matematika).

I said :
TUHAN ALLAH itu memang satu pak. Kalau Tuhan kami ada 3, itu berarti kalau kami berdoa, kami hrs 3 kali berdoa, msg2 kpd tiap Tuhan kami. Berarti kami harus 3x beribadah kpd tiap2 Tuhan kami. Berarti gereja kami ada 3 macam jg dong ? kan bukan begitu....

Yohanes 14:6-14
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

Pak Dimas, tolong baca secara perlahan, dan disimak baik2. Kalau perlu diulang.
Mungkin ayat2 diatas bisa menjelaskan pertanyaan bapak.

Tuhan itu satu pak. ketika kita berdoa didalam nama Tuhan Yesus kristus, itu jg berarti kita berdoa kpd Bapa dan Roh Kudus. Ketiganya tidak mungkin berlawanan, karena "istilah bodoh"nya : orangnya itu-itu juga.

Saya minta maaf sebesar2nya pd pak dimas kalau post saya ini terlalu panjang memuat ayat2 alkitab, namun ini saya lakukan agar kita semua bisa sama2 mengerti.

Thanks atas waktunya

February 6, 2009 3:59 AM

Someone said...

Apa maksudnya Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus itu sama???

Padahal Allah itu Sang Pencipta dan Yesus (Nabi Isa) adalah manusia ciptaanNya.
Jadi mana Sang Pencipta dan mana manusia ciptaannya??? katanya SAMA???

Bingung, bingung,gue bingung,
Pikir ndiri dah situ

February 6, 2009 8:15 PM

Steve said...

Kalau bingung pegangan pak... ;)

Biar kiranya kasih karunia dari Roh Kudus yg memberi pengertian kpd anda semua.

February 9, 2009 1:25 AM

DimasRangga said...

Pak “Temannya Sahabat” mengatakan “Hahahahaha, lucu juga tuh. Masalahnya Muhammad aja gak selamat, apalagi pengikutnya.
Itu sebabnya mengapa nanti pada akhir jaman yg datang itu Isa/Yesus karena Dia itu jalan yg lurus, bukan Muhammad. Anda perlu berfikir yg mendalam lg tuh, mengapa bukan Muhammad yg dipilih utk tugas ini.”

Muhammad memiliki tugas yg sama seperti nabi-Nabi yg lain (ABRAHAM, ADAM, NOAH, YOSEF, SAMUEL, SOLOMON, dll) sebagai “UTUSAN”-Nya.

Isa adalah nabi seperti yang lain, Kenapa Nabi Isa yg dipilih. Jawabnya krn ada kejadian Luar biasa dan ketetapan-Nya. Beliau bukan mati dibunuh oleh ciptaannya sendiri krn beliau adalah manusia biasa. Tuhan Maha Kuasa, Maha Powerful, Maha Kuat dan Maha Segalanya Tidak mungkin dianiaya dan dibunuh oleh sesuatu ciptaannya sendiri? Anda sudah Bilang kan Allah itu ya Yesus sendiri , 3 didalam satu, artinya jk manusia membunuh Yesus berarti manusia membunuh ALLAH kan (karena Yesus bagian tak terpisahkan dr ALLAH- Kalau Anda tau ilmu irisan didalam ilmu matematika)?

Begitulah Isa diangkat kesyorga dan yang disalib adalah manusia yang diserupakannya. Jadi dia terpilih yg menjadi juru selamat karena banyak orang yang tersesat dimuka bumi ini sejak diangkatnya ke syorga sehingga beliau sendiri yang harus turun tangan untuk meluruskan dan menyelamatkan umat manusia dari kesesatan “LASKAR IBLIS”. Termasuk mengcounter bahwa dirinya bukanlah Tuhan dan yang Beliau sembah adl Allah saja dan menghancurkan salib-salib, membunuh pemimpin Yahudi/Dajjal, dll.

February 9, 2009 1:28 AM

DimasRangga said...

Anda mengatakan “Setiap hari anda mendoakan agar Muhammad bisa berada di tempat yg layak di sisi Tuhan YME. Lantas selama ini dia ada dimana ?? Wah, jadi mikir lagi deh.....” (Coba ajukan bukti ilmiah tentang statement anda ini, darimana asalnya? )

Muhammad sudah berada disyurga Dan dijamin oleh Allah sendiri. Jika kita memberikan ucapan selamat kepadanya adalah suatu bentuk penghormatan dan rasa kasih sayang padanya, karena itu akan berbalik utk kebaikan kita sendiri.

Salawat/ doa keselamatan untuk nabi Muhammad bagi orang islam adalah merupakan perintah Allah dalam salah satu surat dalam Al-Quran :

Al ahzab 56:" Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi . Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya .

Sebenarnya shalawat atau ucapan keselamatan itu untuk dirinya sendiri. Nabi telah berjanji bahwa dia akan memberikan shafaat/pertolongan kepada umatnya yang senantiasa bershalawat padanya nanti pada hari kiamat, dimana setiap orang menangis meminta pertolongan.dan setiap umat agar menuju kepada Tuhannya.

Saya Balik bertanya kenapa umat Nasrani suka jg mengucapkan "PUJI TUHAN" atau “PUJI YESUS? Apakah itu berarti Yesus tidak terpuji atau belum terpuji? Gunakanlah akal? Atau menggunakan mukjizat lg? manusia mau memujinya mau tidak, udah dari sononya Tuhan Allah itu memang Maha Terpuji dan sudah Maha Terpuji. Jadi apa gunanya mengucapkan "Puji Tuhan"?

February 9, 2009 1:28 AM

Sahabat said...

Ha ha ha...DOUBLE GREAT Pak Dimas Rangga.
Bapak memang sahabat saya yang mengasihi Nabi Muhammad dan Nabi lain utusan ALLAH SWT.

February 9, 2009 2:01 AM

Temannya Sahabat said...

Kalau umat islam suka bilang Allahu akbar, itu tandanya Allahnya orang islam tidak besar atau belum besar ?

Mau dibilang besar apa nggak, Allah itu ya maha besar. Gak usah loe bilang juga orang udah tau.

tapi anehnya teriak2 Allahu akbar sambil mukulin orang, sambil bakarin tempat ibadah. Tanya Kenapa ??

February 9, 2009 6:50 PM

Sahabat said...

Ada yg ber "label" umat Muslim namun tingkah laku dan perbuatannya tidak mencerminkan ke "Musliman"nya.
Sama saja dengan umat kristiani khan Pak???
Apakah setiap umat kristiani dijamin baik, nggak pernah mukul orang dan membakar tempat ibadah atau membunuh orang???

mengenai Puji Tuhan dan Allahu Akbar:
Ketika Bapak mengatakan Puji Tuhan, Tuhan yg mana??
Umat Muslim memang selalu mendoakan Nabi mereka yaitu Nabi Muhammad.

Bedakan ucapan umat kristiani dan Muslim yg mencerminkan yg disembah oleh mereka :

Kristiani : Atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus --> ada 3 yg disebut (ada yg disekutukan selain Allah)

Muslim: Bismillahirrahman Nirrahim (Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang)---> hanya Satu yg Esa yg disebut.

February 9, 2009 7:41 PM

Temannya sahabat said...

Sahabat said:
Ada yg ber "label" umat Muslim namun tingkah laku dan perbuatannya tidak mencerminkan ke "Musliman"nya.
Sama saja dengan umat kristiani khan Pak???
Apakah setiap umat kristiani dijamin baik, nggak pernah mukul orang dan membakar tempat ibadah atau membunuh orang???”

Emang banyak kok orang kristen yg jahat. Tapi enggak bawa2 nama Tuhan. Klo dia mau ngebunuh, ya bunuh aja. gak usah teriak2 bawa nama Tuhan.
gue sih belom pernah denger orang kristen bakar mesjid. Tapi gak tau deh klo elo pernah denger apa nggak.

Agama tuh nggak ngejamin, mau islam, kristen ,budha, hindu. klo hidupnya brengsek mah tetep aja masuk neraka.
Klo kristen tapi hidupnya brengsek ya sama aja.

February 10, 2009 2:39 AM

Steve said...

DimasRangga said :
Muhammad memiliki tugas yg sama seperti nabi-Nabi yg lain (ABRAHAM, ADAM, NOAH, YOSEF, SAMUEL, SOLOMON, dll) sebagai “UTUSAN”-Nya.

I said :
Boleh tahu pengertian nabi menurut islam ?
Menurut saya, dari nama2 diatas cuma Samuel yg memang nabi.
Abraham bukan nabi, dia tidak menyebarkan firman Allah kpd umatNya. Namun Dia memiliki iman yg hebat.
Adam ? Dia cuma manusia pertama yg dijadikan Tuhan. gara2 imannya yg lemah, kita semua ada di dunia yg penuh dgn kesusahan ini ;)
Nuh ? Dia jg tidak menyebarkan firman Allah. Dia hanya orang yg TAAT kpd Allah.
Yosef, mgkn maksudnya Yusuf anak Yakub ya ? Dia jg tidak menyebarkan firman Allah. Tapi dia hidup benar dimata Allah.
Solomon itu salomo ya ? Dia itu seorang raja yg minta dan diberi hikmat oleh Allah. Awalnya ia hidup benar dimata Tuhan, dan sempat menulis kitab Kidung agung. Namun di akhir hidupnya salomo melakukan yg jahat dimata Allah. istrinya 700, selirnya 300. Gimana mau mikirin Tuhan, mikirin istri2nya aja udah pusing. Tapi biar penghakiman Tuhan yg memutuskannya.

Intinya ??
Terlalu mudah menganggap seseorang Nabi. Orang biasa dibilang nabi. Tuhan juga dibilang nabi. Kebablasan deh jadinya...

February 10, 2009 3:23 AM

No comments: