Monday, June 8, 2009

Dialog Ke-TUHAN-an : 13

Steve said...

Dimas said :
Kemudian, para nabi yang sangat mulia dan seharusnya dihormati pun dilecehkan dalam Injil. Nabi Nuh as. mabuk-mabukan dan telanjang dalam kemahnya (Kejadian 9:18-27),

I said :
Nuh orang pertama yg membuat kebun anggur. Wajar sih kalo dia nyobain anggur. Masalahnya dia memang jadi mabuk. Namanya jg orang mabuk, bisa saja telanjang. Anaknya Hem melihat aurat bapaknya, bukannya langsung menutupi aurat ayahnya, malah pergi keluar, cerita2 ke saudara2nya. Si Hem ini mendapat warisan Kanaan. Waktu Nuh sadar dari mabuknya dan tahu cerita sebenarnya, Nuh marah kepada Hem, dan berkata, “Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya.” Kanaan itu sekarang Palestina. Begitu ceritanya, makanya palestina tidak pernah hidup senang, mungkin karena pengaruh kutuk itu ;)

Dimas said :
Nabi Ismail as. berperangai seperti keledai liar (Kejadian 16:11-12)

I said :
Memang betul. Lihat saja FPI, FBR, dan kawan2nya ;)

Dimas said :
Nabi Luth as. menghamili kedua putri kandungnya (Kejadian 19:30-38)

I said :
Sebetulnya Lot itu tidak berniat berbuat itu. Lot dibuat mabuk dulu dan tidak sadar dgn apa yg dilakukannya.

Dimas said :
Nabi Yakub as. menipu ayahnya sendiri (Kejadian 27:1-46), Yehuda menghamili menantunya sendiri (Kejadian 38:1-30), Nabi Daud as. menghamili isteri orang yang akhirnya menurunkan Nabi Isa as. (II Samuel 11:1-27; Matius 1:6)

I said :
Lho mereka kan juga manusia yg bisa jatuh kedalam dosa ? tapi ini bukan berarti saya membenarkan kelakuan mereka ya. lagipula mereka bukan nabi kok.

Dimas said :
Nabi Isa adalah nabi yang bodoh, idiot, emosional, dan berakhlak bejat (Markus 11:12-14; Yohanes 7:8-10;Yohanes 2:4)

I said :
Hebat sekali anda. Dengan referensi ayat2 tersebut, lalu bisa membuat statement demikian.
Markus 11:12-14
Yesus mengutuk pohon ara
(12) Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar. 13) Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara. (14) Maka kata-Nya kepada pohon itu: "Jangan lagi seorangpun makan buahmu selama-lamanya!" Dan murid-murid-Nyapun mendengarnya.

Cerita ini berbicara ttg buah. Ini memberi kita pelajaran bahwa hidup kita harus menghasilkan buah, kapan pun waktunya. Apa yg dimaksud dgn buah ?
Galatia 5:22-23
(22) Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (23) kelemahlembutan, penguasaan diri.”

Berbuat baik itu tidak mengenal waktu dan musim. Jika kamu tidak menghasilkan buah, kamu akan ditebang dan dibakar. Ini berbicara mengenai api neraka.

Sedangkan di Yohanes itu hanya masalah mengenai waktu. Berkali2 Tuhan bilang, ini bukan waktuKu. Aplikasi dalam cerita tsb, kita jangan memaksakan kehendak kita kpd Tuhan. Seringkali kita meminta sesuatu maunya serba cepat. Waktu kita bukan waktu Tuhan, waktu Tuhan pasti yg terbaik utk kita. Amin ??

Dimas said :
Lebih gila lagi, demi ‘misi suci’, Paulus membolehkan pengikut berbuat banyak dosa. “Kata Paulus: Tetapi jika kebenaran Alah oleh dustaku semakin berlimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa?” (Roma 3:7).

I said :
Anda mengerti ayat ini ? Mari saya jelaskan , yuk mari…..
Maksudnya begini pak. Berdusta utk kebaikan saja tidak boleh pak. Apalagi berdusta utk kejahatan. Paulus bilang begitu bukan berarti dia berdusta. Mungkin bahasa sehari2nya seperti ini, seandainya saya berbohong dgn tujuan supaya orang2 memuliakan Tuhan, itu saja sudah dianggap dosa, apalagi kalau saya berbohong supaya tidak ditangkap KPK, misalnya.

Dimas said :
Paulus juga mengatakan, “Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah.” (Roma 5:20). Menurut Paulus, di mana para pengikutnya kian banyak melakukan pelanggaran dan berbuat dosa, maka di situlah kasih karunia Tuhan kian berlimpah-limpah.

I said :
Hukum Taurat itu kan peraturan. Kalau ada peraturan, ya berarti ada pelanggaran. Anda tahu dimana tempat yg tidak ada pelanggaran ? Adanya di tempat yg tidak ada peraturannya. Begitu kira2 maksud Paulus.

Anda hutang 10 juta sama saya. Pak Sahabat hutang 5 juta sama saya. Karena saya orangnya baik hati, ramah, dan tidak sombong (serta tampan pula), saya membebaskan hutang2 anda berdua. Siapa yg paling senang ? Anda tentunya, yang hutangnya paling banyak. Lalu Pak sahabat dalam hatinya berkata, “kalau tahu begini, kemaren saya hutang 50 juta sekalian sama si Steve”. Hehehe.

Yesus datang utk menghapus semua dosa2 kita. Baik yg sedikit maupun yg banyak, semuanya diampuni. Siapa yg paling bersyukur ? tentunya orang yg banyak berbuat dosa, karena ia merasa kasih karunia Tuhan yg lebih atasnya.

Begitu pak maksud Paulus, bukannya dia meyuruh orang2 berbuat dosa. Kalau ajarannya sprti itu sih, sudah dari dulu ditinggalin sama pengikutnya pak. Memang orang2 tidak bisa berpikir apa, disuruh berbuat dosa kok mau aja.

Dimas said :
Apa hukumnya bersunat? Sunat itu wajib (Kejadian 17:10-14; 21:4). Yesus tidak membatalkan sunat (Matius 5:17-20; Lukas 2:21). Yesus juga disunat (Lukas 2:21). Dan orang yang tidak disunat, tidak dapat diselamatkan (Kisah Para Rasul 15:1-2).
Tapi Kata Paulus, sunat tidak wajib, tidak berguna dan tidak penting (Galatia 5:6; 1 Korintus 7:18-19). 122. Bolehkah makan babi? Babi haram dimakan (Ulangan 14:8; Imamat 11:7; Yesaya 66:17).
Tapi Kata Paulus, semua daging binatang halal dimakan, tidak ada yang haram (I Korintus 4:4-5; 6:12; 10:25; Kolose 2:16, Roma 14:17).

I said :
Ini sudah saya jawab ya. Oh ya. Bapak juga tidak boleh sembarangan makan ayam goreng pak. Bapak musti tanya dulu sama yg jualan, waktu memotong ayamnya, dia baca Bismillah atau tidak ;) Berarti kalo yg motong ayamnya orang kristen,Budha, hindu, tidak boleh dimakan tuh pak. Haram.

Dimas said :
Dalam ajaran Kristen yang diajarkan oleh Paulus, seluruh manusia berdosa karena nenek moyang mereka, Adam dan Hawa, memakan buah terlarang. Hal ini bukan saja bertentangan dengan Al Qur’an, tapi juga bertentangan dengan ajaran Alkitab itu sendiri:
“Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya” (Yehezkiel 18:20)
Hal ini dibenarkan oleh Al Qur’an:
“Orang yang berdosa, tiada memikul dosa orang lain. Dan tiadalah untuk manusia, melainkan apa-apa yang dia usahakan” (An Najm 53:38-39)

I said :
Maksudnya begini pak. Sejak lahir kita sudah ada kecenderungan berbuat dosa.
Contohnya begini, dari bayi pasti kita tidak pernah diajari berbohong oleh orang tua kita. Ketika kita kecil, suatu ketika kita tdk sengaja memecahkan vas bunga kesayangan ibu kita. Sore hari ibu bertanya , siapa yg pecahin vas bunga ibu ? Spontan kita menjawab : Bukan saya, bu. Kuciiingg !!! Padahal tidak ada yg ngajarin kita berbohong.
Kalau ada slogan bilang “ anak kecil gak bisa bohong”, itu salah besar. Liat aja faktanya.
Jadi dari lahir, kita memang sudah ada bibit/kecenderungan itu. Bibit itu ya datangnya dari peristiwa Adam dan Hawa, manusia pertama yg jatuh kedalam dosa.

Perkara dosa, saya setuju kalau berbuat dosa itu urusan masing2. Tapi seandainya seorang anak berbuat dosa lantaran orang tuanya, orang tuanya ya ikut kecipratan dosa jg.
Contoh : Di Indonesia, banyak orang tua yg membiarkan (bahkan menyuruh) anaknya menjadi wanita panggilan demi alasan ekonomi. Banyak orang tua bercerai, tidak bisa ngurus anak, lalu si anak terjerumus narkoba, dll

February 17, 2009 9:36 AM

Steve said...

Dimas said :
Disini adalah forum untuk ilmu perbandingan agama untuk mengetahui pandangan dari sisi penganut yang lain yang MAU DIAJAK BERDISKUSI SAJA dan bukan untuk memaksakan kehendak kepercayaan kepada yang satu dengan yang lainnya, karena disini bukanlah Masjid atau gereja yang bisa semaunya melontarkan suatu keyakinan tanpa disertai bukti-bukti serta kajian ilmiah, semuanya berpulang kepada pengunjung blogger sendiri, jadi tidak ada pemaksaan sama sekali.

I said :
Lho, saya tidak mau memaksakan kepercayaan kristen saya kok pak. Saya tidak bisa membuat anda menjadi Kristen kalau bukan karena Tuhan sendiri yg memilih anda. Saya hanya mengemukakan kebenaran dari pihak saya.
Yohanes 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Dimas said :
DOh ya untuk pengunjung forum sekali saja kalau boleh nanya, saya ada beberapa pertanyaan untuk saudara (untuk penganut Kristen):

I said :
Anda bertanya untuk memancing kesalahan, mencobai kami umat Kristen, atau karena memang anda tidak tahu ??? Sebagai manusia yg beriman dan bertaqwa, sudah seharusnya saya tidak su’udzon (wah, saya tdk tahu tulisannya pak, hanya mengira2, maaf kalau salah). Saya akan menganggap anda bertanya krn memang anda tidak tahu. Saya akan mencoba menjawab menurut kemampuan saya.

1.Setujukah jika ada orang menjadikan Adam juga sebagai Tuhan tapi Tuhan yang lebih tinggi dari Isa/Yesus, Lho kenapa (Anda tentunya bertanya) ? karena Adam diciptakan lebih dulu dari pada Isa (lebih senior), alasan kedua: Adam diciptakan diSorga sedangkan Isa dibumi, Isa tidak memiliki Bapak sedang Adam lebih ngeri lagi yaitu tidak memiliki Bapak dan Ibu. Setuju pak? Kalau tidak alasannya kenapa?

I said :
Adam adalah ciptaan Tuhan. Ada ayatnya. Berarti bukan Tuhan.
Yesus bukan ciptaan Tuhan. Tidak ada ayatnya Allah menciptakan Yesus. Didalam Alquran juga saya rasa seharusnya tidak ada.
Surat At Tahrim 12
dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-KitabNya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.

Anda tahu benar kan kalau kata2 didalam kurung dalam ayat diatas hanya tafsiran, dan bukan dari ayat utamanya ? Mari kita coba hilangkan.

dan Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-KitabNya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.

Bagaimana dgn ayat ini pak ? Isa itu adalah sebagian dari roh Allah, karena memang Isa itu adalah roh Allah itu sendiri. Jadi klop kan pak ?

Alasan karena lebih senior sudah anda tentang sendiri dalam jawaban anda mengenai anak2 muda yg menang dalam olimpiade fisika diatas. Senior blm tentu jaminan lebih benar.

Utk alasan yg kedua, pertanyaan anda salah. Adam jg ada dibumi kok. Taman Eden, kira2 adanya di irak tuh pak. Soalnya ada sungai Tigris, Efrat. lucu kan kalau Allah menciptakan bumi dan isinya buat Adam, tetapi Adamnya tinggal di surga.
Karena pertanyaannya salah, jadi gak usah dijawab ya. Soal Yesus tidak ada bapaknya juga bukan merupakan alasan mengapa Dia itu Tuhan. Hawa juga tidak ada ayah ibunya.

Jadi kesimpulan nya setuju atau tidak ? Jawab sendiri aja deh..

2.Bolehkah Jika Ada orang yang menyamakan Tuhan dengan Iblis atau Syetan?

I said :
Karena pertanyaannya boleh atau tidak, jawabannya boleh2 saja. Tidak ada yg memaksa. Tapi ingat, resiko ditanggung penumpang.

3.Tuhan yang menciptakan Alam jagat raya yang Luar biasa luas ini, Jika ada orang yang mengatakan “jika manusia berkelahi dengan Tuhan siapakah yang akan menang”?

I said :
Saya jawab dgn pertanyaan juga ya. Kalau seandainya Tuhannya mengalah bagaimana ? Siapa yang lebih penakut, manusia atau syetan ?

Wah, saya jadi mengikuti cara anda nih pak, menjawab pertanyaan dgn pertanyaan. Mohon dimaafkan.

February 18, 2009 12:13 AM

Steve said...

Sahabat said:
apakah saya pernah mengatakan untuk memberikan ilmu pada saudara??? (he he he)

I said :
Wah, orang kikir gak masuk surga lho pak. Hehehe juga.
Ada 2 kemungkinan kalau pak Sahabat bilang spt itu.
Pertama, karena memang beliau tidak mau membagi ilmunya (baca : pelit). Maunya cuma mengambil, tidak mau memberi.
Kedua, karena memang beliau tidak mempunyai ilmu untuk dibagikan kpd orang lain ;)

Sahabat said :
dan, sekali lagi saudara steve, saya tidak hanya ngikut2 Pak.Dimas Rangga...tapi saya memang mengikuti setiap komennya dengan keimanan yg sama yaitu: Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad RasulNya.

I said :
silahkan terus mengikuti pak dimas, pak. Tapi ingat, kalau pak dimas mau ke belakang, jangan diikuti ya. Nanti dikira mau ngintip.

Maaf ya pak, cuma bercanda. Namanya juga anak-anak

February 18, 2009 12:37 AM

Sahabat said...

Pak Dimas Rangga,
Terimakasih untuk BLOG yg bagus ini, bisa menambah wawasan dan wacana.
Dan, kalau ada yg kurang senang atau tidak setuju dg komentar dan argumen Bapak, itu hal biasa. Seperti Bapak bilang, tidak ada yg memaksakan satu terhadap lainnya.

Tetaplah berkarya dan memberikan argumen berdasarkan fakta yg benar, bukan hanya opini pribadi yg berisi komen sentimen semata.

Semoga Bapak selalu dalam lindungan ALLAH SWT.

February 19, 2009 1:26 AM

No comments: