Tuesday, July 22, 2008

Warren Buffet - Teladan dari orang nomor 1 di dunia

Mengungkap Rahasia dan Gaya Hidup dibalik orang terkaya nomor satu didunia

Dear all,
Tulisan berikut merupakan rangkuman 1 jam wawancara CNBC dengan Investor Legendaris nomor satu di dunia. Warren Buffet saat ini adalah orang terkaya nomor satu di dunia versi majalah Forbes, dengan aset pribadi sebesar $ 62milyar (setara 619 triliunrupiah!!!).

Berikut 9 aspek kehidupannya yang sangat menarik:

1. Buffet memulai investasi sahamnya pada usia 11 tahun, dan ia sangat menyesal memulai investasi saham diusia yang terlambat

2. Dia membeli sebuah lahan pertanian kecil pada usia 14 tahun dari hasil tabungannya menjadi loper koran


3. Dia tetap hidup sederhana dengan gaya hidup yang tidak berubah, memiliki rumah dengan 3 kamar tidur kecil di kota kecil Omaha, yang ia beli setelah ia menikah 50 tahun yang lalu, Rumahnya tidak memiliki pagar.


4. Dia mengendarai mobilnya sendiri tanpa seorang sopir ataupun bodyguard didekatnya.


5. Dia tidak pernah bepergian menggunakan jet pribadi, walaupun ia memiliki perusahaan jet pribadi terbesar di dunia.


6. Perusahaannya, Berkshire Hathaway, memiliki 63 perusahaan. Ia hanya menulis 1 surat setiap tahun ke CEO perusahaan-perusahaannya tersebut, memberikan mereka tujuan bisnis yang harus dicapai setiap tahunnya. Ia tidak pernah mengadakan meeting atau menelepon CEO-CEO tersebut, ia hanya memberikan 2 buah peraturan:

1. Rule number 1: Jangan pernah membuat rugi para pemilik saham-saham

Rule number 2: Jangan pernah lupa Aturan nomor 1


7. Ia tidak pernah bersosialisasi di klub-klub orang kaya. Waktu luangnya setelah ia tiba di rumah ia gunakan untuk membuat popcorn dan menonton TV


8. Bill Gates, mantan orang terkaya di dunia, tidak pernah berminat untukmenemui Buffet karena tidak melihat adanya kesamaan yang mereka miliki, namun 5 tahun yang lalu Bill mencoba membuat agenda untuk bertemu denganBuffet hanya selama 30 menit. Namun meeting tersebut justru berlangsung selama 10 jam, Bill berbincang-bincang lama sekali dengan Buffet.


9. Buffet tidak pernah membawa handphone maupunPC / laptop di mejanya.


*Nasehatnya untuk Anak Muda:*


*’Stay away from credit cards and invest in yourself and remember:


1. Uang tidak menciptakan manusia. Namun manusia bisa menciptakan UANG….

2. Jalani kehidupan Anda sesederhana diri Anda sendiri. Yang penting diri Anda NYAMAN…

3. Jangan lakukan apa yang orang lain katakan. Dengarkan saja mereka, namun lakukanlah hanya apa yang membuat Anda merasa nyaman (feel good)

4. Jangan membeli barang karena merknya. Kenakanlah pakaian yang memang membuat Anda merasa nyaman.

5. Jangan menghabiskan uang Anda untuk barang-barang yang tidak penting. Gunakanlah uang Anda secara bijaksana untuk kebutuhan yang memang benar-benar Anda perlukan.

6. Akhirnya, ini semua adalah kehidupan Anda.


*”Hidup ini hanya sekali. Mengapa Anda harus memberikan orang lain kesempatan untuk mengatur hidup Anda?

*. Hiduplah dengan gaya Anda sendiri, yang penting
Anda senang, Anda puas, Anda nyaman, & Anda bahagia…


Sedikit tambahan :


Ia menghabiskan uang tabungannya untuk memborong saham-saham FMCG seperti Coca-cola, Wrigley`s, Unilever, Gilette, & P&G…
Yang menarik dari Warren Buffet adalah:

* Ia sangat2 KONSERVATIF*


Ia tidak pernah mau menginvestasikan uangnya kesaham-saham teknologi terutama pada saat booming dotcom ia bersikeras tidak mau membeli satu helaipun saham2 Google, Amazon, & Microsoft…


*“Saya hanya mau berinvestasi pada bidang industri yang saya mengerti. Jujursaja, saya tidak mengerti industri IT, yang saya tahu selama orang-orang masih mengunyah permen karet dan menggunakan sabun untuk mandi maka saham-saham perusahaan tersebut pasti akan naikterus….”


Warren Buffet*

2 comments:

Aal said...

Wahh ..inspiring...sikap yang perlu ditiru..satu hal yang sudah saya bisa ikuti "Stay away from Credit card" sampai saat ini saya tidak"berniat " mau untuk punya.

Boleh di Copy ke blog saya kah?

DimasRangga said...

Betul itu juga sudah saya bisa lakukan sendiri..walau dipaksa oleh marketting HSBC tetap saja saya bersikukuh utk tidak mengambil credit card ketika perusahaan tempat saya bekerja beralih manajemen keHSBC.

Hidup nyaman adalah hidup sesuai keperluan bukannya keinginan karena keinginan/imaginasi manusia itu tak terbatas.

contohnya: ketika gaji anda cuma 3.5 juta maka anda berniat kredit motor, kemudian meningkat taruhlah 10 juta maka imajinasi anda sudah bermain baik sadar maupun tanpa sadar dan yg terfikirkan oleh Anda adalah kredit mobil dan rumah...
lalu ketika pendapatan Anda meningkat menjadi 50 juta tentu tak puas disitu anda mulai terfikirkan utk mengambil apartemen di Singapura, dan lain-lain.

Setiap imaginasi membutuhkan imaginasi yang lain utk dipenuhi dan ujung pangkalnya adalah hidup anda selalu merasa kekurangan walaupun betapa banyak penghasilan yg ANDA dapatkan.

Jadi tetaplah sederhana. "KEEP IT AS a STUPID SIMPLE"

utk mengcopy saya persilahkan saja..tidak apa-apa

thanks