Monday, June 8, 2009

Dialog Ke-TUHAN-an : 21

Steve said...


Saya jawab yg ini dulu ya, karena masih dalam topic penciptaan.

Dimas said :
1.Manakah yang diciptakan lebih dulu, binatang atau manusia?

2.Manakah yang diciptakan lebih dulu, tanaman atau manusia?

Mohon jawab ya pak Steve, saya kan hanya team penguji yang menguji sampai dimana tingkat kecerdasan akan keilmuan kitab anak cerdas itu (tingkat dunia).

I said :
Saya tahu anda memang sedang menguji saya, pak. Pertanyaan ini memang sering digunakan utk membuat orang bingung.
Allah menciptakan binatang dan tanaman lebih dulu di bumi, baru kemudian manusia. Kemudian Allah membuat Taman Eden (masih dibumi, sebelah timur), dan menempatkan manusia disana. Allah menumbuhkan pohon dan membentuk binatang dari tanah di taman Eden.

Sekarang saya balik bertanya, binatang dan tanaman yg ada dimana yg anda maksud ? Kalau binatang dan tanaman yg ada didlm Taman Eden, berarti manusia lebih dahulu.


February 28, 2009 10:28 PM


DimasRangga said...


Steve Said :
Menurut cerita, iblis datang kepada manusia dalam bentuk ular. Jika benar saat itu manusia berada di surga, berarti di surga juga ada binatang. Ada juga tumbuh2an (pohon dari buah terlarang, dll). Ini surga atau cagar alam ? Apa tidak ada yg aneh dgn hal itu ? Yg paling aneh, iblis bisa berada di dalam surga yg jelas2 tempat yg kudus.

Dhimas Said:

Maaf pak tidak ada keterangan/Cerita Iblis datang kepada adam Hawa disyurga dalam bentuk ular/binatang di AlQuran.

Sedang penciptaan buah khuldi (pohon terlarang) adalah merupakan bagian ujian dari Allah SWT. Karena memang sudah menjadi bagian dari Qadha dan Qadar Allah SWT, Sebagaimana Qadha dan Qadarnya Yesus yang akan turun membunuh Dajjal/antichrist diakhir jaman, Beliau diangkat keSyurga dulu.

Taqdir penciptaan manusia dimuka bumi (Sebelum Penciptaan Adam-Hawa Allah berfirman):

AlBaqarah:30 : “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."”

Syurga adalah tempat kenikmatan tertinggi bagi makhluknya, untuk meraih syurga tidaklah mudah, Tuhan akan melakukan serangkaian ujian dahulu, Karena Adam dan Hawa diciptakan langsung disyurga maka ujiannya berada disyurga namun karena bujuk rayu iblis maka diusir kebumi dan anak keturunan Adam-Hawa akan diuji dengan Kebaikan dan Keburukan sampai menghadap-Nya. Setelah itu barulah diputuskan akan masuk Syurga atau Neraka. Dan untuk keturunan Adam-Hawa karena sudah diuji dibumi maka disurga nanti tidak ada lagi larangan/pantangan makan apapun. Larangan dan pantangan itu hny untuk Adam-Hawa saja karena diciptakan disyurga tanpa melalui proses ujian. Dan Iblis kenapa berada disyurga bukankah tempat itu tempat yg suci? Setelah penciptaan Adam maka Allah menyuruh Iblis untuk bersujud kepada Adam sebagai penghormatan, namun karena kesombongan dia pun enggan bersujud dan akhirnya dilaknat/dikutuk oleh Allah dan setelah berhasil merayu Adam-Hawa untuk makan buah khuldi maka ketiga-tiganya (Adam-Hawa-Iblis) diusir kebumi. Sebelum dilaknat, Iblis adalah suatu makhluk yang taat beribadah dan sangat dekat disisi Allah sebagaimana para malaikat-Nya dan dia berada diSyurga, cuma dia memiliki kesombongan karena merasa lebih senior dan diciptakan lebih tinggi (api) daripada adam yang dari tanah dan dia adalah dari golongan JIN. Karena sakit hati dilaknat dan diusir kebumi, maka Iblispun bersumpah utk mengajak manusia menjadi laskarnya yaitu LASKAR IBLIS yang akan menemaninya masuk kedalam neraka.

Iblis adalah golongan dari JIN:

AlKahfi:50 : “Dan ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam , maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti bagi orang-orang yang zalim.”

Adam dan Hawa di Surga dan UJIAN keimanan:

AlBaqarah:35 : “Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini . yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.”

Bujuk Rayu Iblis:

AlAraaf:20 : “Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: "Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal "

Laknat Allah kepada Iblis dan Iblis diusir oleh Allah dari Surga:

AlAraaf:13 : “Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina".

AlAraaf:18 : “Allah berfirman: "Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya"

Adam dan Eve diusir oleh Allah dari Surga ke Bumi:

Thahaa:121 : “Maka keduanya memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga, dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah ia .”

AlAraaf:24 : ”Allah berfirman: "Turunlah kamu sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan"

Sumpah IBLIS:

AlHijr:39 : “Iblis berkata : "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,”

Pesan ALLAH kepada anak cucu ADAM-HAWA dibumi:

AlAraaf:27 : “Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.”

Alisraa’:63 : “Tuhan berfirman: "Pergilah, barangsiapa di antara mereka yang mengikuti kamu (Iblis), maka sesungguhnya neraka Jahannam adalah balasanmu semua, sebagai suatu pembalasan yang cukup.”


March 2, 2009 10:38 PM


DimasRangga said...


Steve said :

Allah menciptakan binatang dan tanaman lebih dulu di bumi, baru kemudian manusia. Kemudian Allah membuat Taman Eden (masih dibumi, sebelah timur), dan menempatkan manusia disana. Allah menumbuhkan pohon dan membentuk binatang dari tanah di taman Eden.

Sekarang saya balik bertanya, binatang dan tanaman yg ada dimana yg anda maksud ? Kalau binatang dan tanaman yg ada didlm Taman Eden, berarti manusia lebih dahulu.

Dhimas Said:

Kan kata Anda taman Eden itu ada dibumi, disuatu daerah diIraq berarti itu semuanya sama-sama dibumi, semuanya bercerita tentang penciptaan manusia (Adam dan Hawa) dan hewan dan tanaman semuanya dibumi.

Bapak masih ingat pendapat bapak? “Steve said: Utk alasan yg kedua, pertanyaan anda salah. Adam jg ada dibumi kok. Taman Eden, kira2 adanya di irak tuh pak. Soalnya ada sungai Tigris, Efrat. lucu kan kalau Allah menciptakan bumi dan isinya buat Adam, tetapi Adamnya tinggal di surga.”

Baik kita ulas semuanya menurut Injil.

Mana yang lebih dulu diciptakan, pohon atau manusia ?

A. Pohon diciptakan sebelum manusia diciptakan (Kejadian 1: 11-12, 26-27)
(11) Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.
(12) Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
(26) Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
(27) Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

B. Manusia diciptakan sebelum pohon diciptakan (Kejadian 2: 4-9)
(4) Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --
(5) belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu;
(6) tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu—
(7) ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
(8) Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.
(9) Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Mana yang benar pak STEVE?

Mana yang lebih dulu diciptakan, hewan atau manusia ?

A. Hewan diciptakan sebelum manusia diciptakan (Kejadian 1: 24-27)
(24) Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah demikian.

(25) Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

(26) Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

(27) Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

B. Manusia diciptakan sebelum hewan diciptakan.(Kejadian 2: 7, 19)
(7) ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
(19) Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Yang Benar mana Pak Steve? Kok ayat yang satu mengatakan sebelum sedang diayat lainnya sesudah, diayat lainnya sesudah kok diayat yang lainnya juga sebelum, semuanya bercerita tentang penciptaan tanaman, hewan, Adam-Hawa diBUMI, Yang benar yang mana Pak Steve?


March 2, 2009 10:39 PM

No comments: